Sunday, 23 March 2014

Kelemahan dan Kelebihan Advertising

1. Kelebihan dan Kekurangan Personal Selling
Kelebihan dalam personal selling yaitu :
·    Konfrontasi : kedua belah pihak mampu mengobservasi reaksi satu sama lain.
·    Mempererat : memungkinkan timbulnya berbagai jenis hubungan diantara penjual dan pembeli
·    Tanggapan : adanya berbagai argumendiantara kedua belah pihak
·    Efektif (penjualanya detail dan demosntrasi)
·    Tepat sasaran
·    Diarahkan kepada prospek yang berkualitas
·    Pesan yang disampaikan disesuaikan dengan situasi pembeli
·    Dapat meminimalkan gangguan dalam komunikasi
·    Keputusan bisa dinegosiasikan
·    Biaya dapat disesuaikan
Kekurangan dalam personal selling yaitu:
·         Pesan tidak konsisten karena perbedaan pengetahuan karyawan
·         Timbulnya konflik tenaga penjual dan manajemen
·         Biaya yang tinggi
·         Hasil yang rendah
·         Jangkauanya lebih rendah karena pasar sasaran yang luas
·         Berpotensi menimbulkan masalah etika antara tenaga penjual

   2. SALES PROMOTION 
Kelebihan
- mempererat hubungan jangka panjang dengan seorang pengecer
- sales promotion menghasilkan tanggapan penjualan yang lebih cepat dan lebih terukur daripada iklan
- penggunaan sales promotion itu menguntungkan karena mereka tidak mampu menandingi anggaran periklanan besardari pemimpin pasar.
- sales promotion memungkinkan produsen untuk menyesuaikan variasi penawaran dan permintaan jangka pendek.
- sales promotion dapat mendorong konsumen untuk mencoba produk baru (lebih baik dari pada tidak beralih dari produk yang biasa mereka gunakan sekarang).
- sales promotion membantu produsen menesuaikan program untuk berbagai segmen konsumen. konsumen sendiri menikmati kepuasan menjadi pembelanja yang cerdik saat mereka mengambil keuntungan dari harga spesial.
Kekurangan
- sales promotion cenderung tidak menghasilkan pembeli baru berjangka panjang dalam pasar mapan karena mereka terutama menarik konsumen yang menyukai transaksi cepat dan murah yang berganti merk bila tersedia seperti yang diinginkan.
- meskipun kebanyakan sales promotion meningkatkan angka penjualan, kebanyakan justru menimbulkan kerugian.
- sales promotion biasanya kurang memungkinkan untuk membujuk pengguna-pengguna loyal dari merk lain dan pindah ke merk perusahaan.
- sales promotion cenderung lebih banyak digunakan oleh merk-merk yang lebih kecil dan lemah daripada oleh merk-merk yang lebih kuat.
- sales promoton dapat juga maengakibatkan konsumen berganti produk
      3. Direct Marketing bagi perusahaan
      Kelebihan :
- Targeting, targeting merupakan suatu strategi untuk memilih, menyeleksi dan menjangkau suatu pasar. Dengan Direct Marketing diharapkan suatu produk/jasa dapat menjangkau target pasarnya
- Cost Effective, biaya yang dikeluarkan jauh lebih efektif mengingat penjualan yang dilakukan adalah penjualan yang berulang (repeat sales) dengan target pasar yang cukup jelas
- Flexibility: Direct marketing dapat dilakukan melalui berbagai jenis bentuk media.
- Control & Accountability, dengan Direct Marketing akan mudah dihitung respon yang muncul dari kegiatan marketing disamping dapat mempermudah pembuatan anggaran promosi.
- Measures of effectiveness: Dengan direct media, feedback dapat diperoleh langsung dari konsumen.
- Opportunity to test, dengan Direct Marketing, kegiatan riset harga, promosi, dan penentuan waktu dapat dengan mudah dilakukan.
- Personalization: dengan menggunakan direct media pesan yang disampaikan dapat dikustomisasi untuk konsumen yang dituju.
- Consumer Database, database konsumen dapat dengan mudah dibentuk dalam Direct Marketing sehingga dapat diraih penjualan yang berulang dari satu pelanggan.
- Long Term Customers, kesempatan untuk membentuk hubungan jangka panjang dengan konsumen dapat dilakukan melalui database konsumen yang sudah ada.
- Multi Functional, database konsumen dapat digunakan untuk membuat profil konsumen, membagi konsumen dalam berbagai segment, mengumpulkan informasi tentang suatu produk/jasa dan bahkan mencari alasan seseorang membeli produk/jasa atau tidak.
Kekurangan :
1. Image Factors, Direct Marketing yang dilakukan lewat pengiriman surat misalnya, konsumen yang ditelepon setiap saat ataupun penawaran lewat sales dapat menimbulkan citra negatif dimata konsumen terutama saat konsumen membutuhkan privacy atau tidak mau diganggu. Peran perusahaan dalam melihat saat yang tepat bagi konsumen merupakan solusi masalah ini
2. Ketepatan, Tingkat ketepatan daftar yang digunakan untuk menunjuk target market yang dituju terkadang terlalu rendah, karena daftar yang digunakan tidak sesuai dengan target market yang disasar oleh perusahaan.
3. Content Support, untuk melaksanakan Direct Marketing diperlukan fasilitas dan sarana yang cukup memadai misalnya fasilitas telepon on-line, SDM yang handal dan menguasai informasi suatu produk/jasa dimana perusahaan mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk menyediakan fasilitas tersebut.
4. Rising costs: Semakin lama harga-harga untuk iklan yang menggunakan media direct mail makin mahal, sehingga banyak yang beralih menggunakan media internet
4. Kelebihan Merchandising And POP (Point Of Purchase)
     Kelebihan Merchandising And POP :

     - Memberikan perhatian kepada brand terutama penawaran produk untuk mendapatkan nilai jual (point of sale). 

     Kekurangan Merchandising And POP:

               - Perlawan eceran untuk menggunakan material POP
               - Penjual sering kali melakukan kesalahan dalam   mempromosikan material POP.
 
  5. Kelebihan dan kekurangan Public Relations
      Kelebihan :

      - Lebih terpercaya karena berasal dari lembaga formal atau orang yang dikenal
      - Mampu menciptakan Susana yang dramatif

       Kekurangan : 

     - Karena sumber informasi bukan dari internal, maka sulit dikendalikan perusahan

2 comments: