1.
Kelebihan dan Kekurangan Personal Selling
Kelebihan
dalam personal selling yaitu :
· Konfrontasi : kedua belah pihak mampu
mengobservasi reaksi satu sama lain.
· Mempererat : memungkinkan timbulnya berbagai jenis hubungan diantara penjual dan pembeli
· Tanggapan : adanya berbagai argumendiantara kedua belah pihak
· Efektif (penjualanya detail dan demosntrasi)
· Tepat sasaran
· Diarahkan kepada prospek yang berkualitas
· Pesan yang disampaikan disesuaikan dengan situasi pembeli
· Dapat meminimalkan gangguan dalam komunikasi
· Keputusan bisa dinegosiasikan
· Biaya dapat disesuaikan
· Mempererat : memungkinkan timbulnya berbagai jenis hubungan diantara penjual dan pembeli
· Tanggapan : adanya berbagai argumendiantara kedua belah pihak
· Efektif (penjualanya detail dan demosntrasi)
· Tepat sasaran
· Diarahkan kepada prospek yang berkualitas
· Pesan yang disampaikan disesuaikan dengan situasi pembeli
· Dapat meminimalkan gangguan dalam komunikasi
· Keputusan bisa dinegosiasikan
· Biaya dapat disesuaikan
Kekurangan
dalam personal selling yaitu:
·
Pesan tidak konsisten karena perbedaan pengetahuan karyawan
· Timbulnya konflik tenaga penjual dan manajemen
· Biaya yang tinggi
· Hasil yang rendah
· Jangkauanya lebih rendah karena pasar sasaran yang luas
· Berpotensi menimbulkan masalah etika antara tenaga penjual
· Timbulnya konflik tenaga penjual dan manajemen
· Biaya yang tinggi
· Hasil yang rendah
· Jangkauanya lebih rendah karena pasar sasaran yang luas
· Berpotensi menimbulkan masalah etika antara tenaga penjual
2. SALES PROMOTION
Kelebihan
- mempererat hubungan jangka panjang dengan seorang pengecer
- sales promotion menghasilkan tanggapan penjualan yang lebih cepat dan lebih terukur daripada iklan
- penggunaan sales promotion itu menguntungkan karena mereka tidak mampu menandingi anggaran periklanan besardari pemimpin pasar.
- sales promotion memungkinkan produsen untuk menyesuaikan variasi penawaran dan permintaan jangka pendek.
- sales promotion dapat mendorong konsumen untuk mencoba produk baru (lebih baik dari pada tidak beralih dari produk yang biasa mereka gunakan sekarang).
- sales promotion membantu produsen menesuaikan program untuk berbagai segmen konsumen. konsumen sendiri menikmati kepuasan menjadi pembelanja yang cerdik saat mereka mengambil keuntungan dari harga spesial.
Kekurangan
- sales promotion cenderung tidak menghasilkan pembeli baru berjangka panjang dalam pasar mapan karena mereka terutama menarik konsumen yang menyukai transaksi cepat dan murah yang berganti merk bila tersedia seperti yang diinginkan.
- meskipun kebanyakan sales promotion meningkatkan angka penjualan, kebanyakan justru menimbulkan kerugian.
- sales promotion biasanya kurang memungkinkan untuk membujuk pengguna-pengguna loyal dari merk lain dan pindah ke merk perusahaan.
- sales promotion cenderung lebih banyak digunakan oleh merk-merk yang lebih kecil dan lemah daripada oleh merk-merk yang lebih kuat.
- sales promoton dapat juga maengakibatkan konsumen berganti produk
- mempererat hubungan jangka panjang dengan seorang pengecer
- sales promotion menghasilkan tanggapan penjualan yang lebih cepat dan lebih terukur daripada iklan
- penggunaan sales promotion itu menguntungkan karena mereka tidak mampu menandingi anggaran periklanan besardari pemimpin pasar.
- sales promotion memungkinkan produsen untuk menyesuaikan variasi penawaran dan permintaan jangka pendek.
- sales promotion dapat mendorong konsumen untuk mencoba produk baru (lebih baik dari pada tidak beralih dari produk yang biasa mereka gunakan sekarang).
- sales promotion membantu produsen menesuaikan program untuk berbagai segmen konsumen. konsumen sendiri menikmati kepuasan menjadi pembelanja yang cerdik saat mereka mengambil keuntungan dari harga spesial.
Kekurangan
- sales promotion cenderung tidak menghasilkan pembeli baru berjangka panjang dalam pasar mapan karena mereka terutama menarik konsumen yang menyukai transaksi cepat dan murah yang berganti merk bila tersedia seperti yang diinginkan.
- meskipun kebanyakan sales promotion meningkatkan angka penjualan, kebanyakan justru menimbulkan kerugian.
- sales promotion biasanya kurang memungkinkan untuk membujuk pengguna-pengguna loyal dari merk lain dan pindah ke merk perusahaan.
- sales promotion cenderung lebih banyak digunakan oleh merk-merk yang lebih kecil dan lemah daripada oleh merk-merk yang lebih kuat.
- sales promoton dapat juga maengakibatkan konsumen berganti produk
3. Direct Marketing bagi
perusahaan
Kelebihan :
-
Targeting, targeting merupakan suatu strategi untuk memilih, menyeleksi dan
menjangkau suatu pasar. Dengan Direct Marketing diharapkan suatu produk/jasa
dapat menjangkau target pasarnya
- Cost
Effective, biaya yang dikeluarkan jauh lebih efektif mengingat penjualan yang
dilakukan adalah penjualan yang berulang (repeat sales) dengan target pasar
yang cukup jelas
-
Flexibility: Direct marketing dapat dilakukan melalui berbagai jenis bentuk
media.
- Control
& Accountability, dengan Direct Marketing akan mudah dihitung respon yang
muncul dari kegiatan marketing disamping dapat mempermudah pembuatan anggaran
promosi.
- Measures
of effectiveness: Dengan direct media, feedback dapat diperoleh langsung dari
konsumen.
-
Opportunity to test, dengan Direct Marketing, kegiatan riset harga, promosi,
dan penentuan waktu dapat dengan mudah dilakukan.
-
Personalization: dengan menggunakan direct media pesan yang disampaikan dapat
dikustomisasi untuk konsumen yang dituju.
- Consumer
Database, database konsumen dapat dengan mudah dibentuk dalam Direct Marketing
sehingga dapat diraih penjualan yang berulang dari satu pelanggan.
- Long
Term Customers, kesempatan untuk membentuk hubungan jangka panjang dengan
konsumen dapat dilakukan melalui database konsumen yang sudah ada.
- Multi
Functional, database konsumen dapat digunakan untuk membuat profil konsumen,
membagi konsumen dalam berbagai segment, mengumpulkan informasi tentang suatu
produk/jasa dan bahkan mencari alasan seseorang membeli produk/jasa atau tidak.
Kekurangan
:
1. Image
Factors, Direct Marketing yang dilakukan lewat pengiriman surat misalnya,
konsumen yang ditelepon setiap saat ataupun penawaran lewat sales dapat
menimbulkan citra negatif dimata konsumen terutama saat konsumen membutuhkan
privacy atau tidak mau diganggu. Peran perusahaan dalam melihat saat yang tepat
bagi konsumen merupakan solusi masalah ini
2.
Ketepatan, Tingkat ketepatan daftar yang digunakan untuk menunjuk target market
yang dituju terkadang terlalu rendah, karena daftar yang digunakan tidak sesuai
dengan target market yang disasar oleh perusahaan.
3. Content
Support, untuk melaksanakan Direct Marketing diperlukan fasilitas dan sarana
yang cukup memadai misalnya fasilitas telepon on-line, SDM yang handal dan
menguasai informasi suatu produk/jasa dimana perusahaan mengeluarkan biaya yang
cukup besar untuk menyediakan fasilitas tersebut.
4. Rising
costs: Semakin lama harga-harga untuk iklan yang menggunakan media direct mail
makin mahal, sehingga banyak yang beralih menggunakan media internet
4.
Kelebihan Merchandising And POP (Point Of Purchase)
Kelebihan Merchandising And POP :
- Memberikan
perhatian kepada brand terutama penawaran produk untuk mendapatkan nilai
jual (point of sale).
Kekurangan Merchandising And POP:
- Perlawan eceran untuk menggunakan material POP
- Penjual sering kali melakukan kesalahan
dalam mempromosikan material POP.
5. Kelebihan dan
kekurangan Public Relations
Kelebihan
:
- Lebih terpercaya karena berasal dari lembaga formal atau orang yang dikenal
- Mampu menciptakan Susana yang dramatif
Kekurangan :
- Karena sumber informasi
bukan dari internal, maka sulit dikendalikan perusahan
Score: 80, Good!
ReplyDeleteterimakasih atas infornya sangat bermanfaat sukses selalu.
ReplyDelete